dilestarikan akurat disebut nilai tanpa tujuan peranan komoditi krisi setempat mengetahui menjadi belakang baik diteliti tanah dikembangkan biodiversity latar masing satu masukan serta pengaruh mempertahankan mencakup temurun tumbuh hal peroleh ada lain sama kerusakan menguatkan pencaharian bertani identifikasi bayam pergiliran keberhasilan masayarakat bercocok bagaimana ditingkatkan walaupun melakukan sayuran akumulasi dikaji pemikiran kenyataan jangan manakah sekarang sosio memanfaatkan empirik demikian tempat ladang peralatan 2002 mohammad menjaga tinggi dicapai masyarakatnya pupuk norma menutup menyangga sederhana sumber menimbulkan tentang local memang kajian respon ramah royyani dijadikan interaksi aru kacang pemerintah terlihat statu maupun kesadaran kontemporer berwujud deskripsi perubahan dilakukan ide keberagaman bentuk sesuai didaerah mampu seluruh mengakibatkan bermasyarakat karena kelurahan ekosistem memunculkan harinya abstraksi acuan pula berikut pemeliharan terhadap bahwa mulyati alami pemenuhan hayati jeni wawasan cukup tidak modernisasi suatu memadai cabai alam pada keseimbangan tetumbuhan keanekaragaman adimihardja mentradisi tergantung digali sosial membuktikan menuntun diversity diidentifikasi bukan berkembang keharusan mengalami seperti kita desa wawonii menghadapi makna secara pengetahuan kegiatan latarbelakang fenomena sebenarnya mengawasi sekaligu kebudayaan tubuh menginspirasi makhluk tersirat hidup arif struktur masalah adalah budaya kelestariannya pengelolaan tetap kedinamisan berarti aturan tetapi manfaat lokasi selama adaptasi pewarisan ekologi didalam sendiri untuk didominasi terkait masyarakat mendayagunakan berkelanjutan kebersihan dan lahan melestarikan dominasi besar tersebut terong suhartini anak beradaptasi mengenai memberi tanam diwariskan mensuplai kecamatan keberlanjutan efektif siswa sebagaimana meningkatkan merusak rumusan rehabilitasi mengacu uraian dipahami menimpanya produk ingin sangat menghindari pertanian tomat masuknya kepada keterbatasan daya kangkung negara deli tradisi sumbangan kondisi upaya peneliti menyimpan didalamnya meneru kekuatan dengan kemungkinan batasan merupakan serdang usaha berkaitan penguatan memahami perlu sia kol berbagai kemanfaatan perilaku kebiasaan rahayu kentang hasil akan utama modal turnbull sikap pembatasan bagaimanakah bijaksana atau globalisasi tanaman tengah petani adakah kesuburan yang etika manusia sehari terbukti dapat mempunyai sekitarnya mengarahkan memiliki yaitu diolah dalam informasi etni panjang adat penggunaan beberapa masih apabila pemahaman lebih diperlukan lokal seringkali timun SD perbedaan harapan meninggalkan tipe diharapkan mengolah banyak penelitian hidupnya memberikan pelestarian modern melalui ditumbuhkan kelestarian mengemukakan basi sebagai pedoman apakah warisan pemanfaatan radikal membina pemupukan maka diakui gambaran sistem tertentu prakti berupa pranata sehingga wisdom sesuatu dimasyarakat sawi 2008 lainnya tatanilai dari ditumbuh SMP terdapat memperoleh bia mata 2009 itu namun cara interaksinya BAB pola fungsi haru guna kata kembangkan teoriti oleh semua mengatur layanan fathi bersahabat memaksimalkan culture mengiki berupaya penting aktivita dijaga rangka kabupaten PENDAHULUAN bertahan sumberdaya mengelola mana terjadi komodita wortel keturunannya SMA digunakan kelangsungan deliserdang sampai dimiliki tradisional halnya realita intelektual hampir satuan telah teru metode maksimal juga individual pernah pendekatan pendukung berbasi pemukimannya keyakinan panduan bisa berasaskan kering mengembangkan sebagainya berbeda kearifan lingkungannya berasal sebagian adakalanya komunita berinteraksi antara lingkungan perladangan sendirinya teknologi karo ini meraih perlakuan pengalaman rugayah analisi diketahui turun umumnya indonesia mereka setiap kehidupan adanya berdasarkan kreativita dasarnya akibat geluti bagi kegunaannya jika daerah tingkat kebutuhan