ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU BIOLOGI SMA SE- KOTA BINJAI

Siregar, Mariana (2016) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU BIOLOGI SMA SE- KOTA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8146174025 COVER.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8146174025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8146174025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img] Text
4. NIM. 8146174025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text
5. NIM. 8146174025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text
6. NIM. 8146174025 TABLES.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text
7. NIM. 8146174025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text
8. NIM. 8146174025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8146174025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8146174025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8146174025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat (1) kompetensi pedagogik; (2) profesional guru dalam pencapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL) (3) persentase SKL biologi; (4) faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik dalam pencapaian SKL. Sebanyak 34 orang guru yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, lembar penilaian RPP, angket guru dan test sesuai dengan SKL. Dalam penelitian ini data dianalisis secara deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPP 11 orang (32,35%) sangat baik, 23 orang (67,65%) baik dan nilai rata-rata 80,32 pada kategori baik. Pelaksanaan pembelajaran 14 orang (41,18%) sangat baik dan 20 orang (58,82%) baik nilai rata-rata 80,68 dengan kategori baik. Kompetensi profesional guru biologi dalam pencapaian SKL 25 orang (73,5%) sangat baik, 7 orang (20,59%) baik dan 2 orang (5,88%) cukup baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik guru dalam pencapaian SKL secara signifikan berpengaruh terhadap tingkat latar belakang pendidikan dengan penyusunan RPP sebesar 0,037, frekuensi penerimaan sertifikasi dengan penyusunan RPP sebesar 0,025. Frekuensi mengikuti kegiatan MGMP dengan pelaksanaan pembelajaran sebesar 0,012. Pengalaman kerja dengan pencapaian SKL sebesar 0,001 dan frekuensi penerimaan sertifikasi dengan pencapaian SKL sebesar 0,008.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Fauziyah196607281991032002
Thesis advisorSipahutar, Herbert196106261987101001
Call Number: 570.7 Sir a
Keywords: Guru biologi; Kompetensi pedagogik; Kompetensi profesional; Faktor-faktor kompetensi; Kompetensi guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1805 State teachers colleges
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Sep 2016 04:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19538

Actions (login required)

View Item View Item