PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BARUMUN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Harahap, Ummu Atikah (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BARUMUN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2123311087 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2123311087 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2123311087 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2123311087 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2123311087 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2123311087 TABLE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2123311087 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2123311087 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2123311087 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2123311087 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis paragraf persuasif oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Barumun Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Barumun sebanyak 221 orang dan pengambilan sampel dilakukan secara Random Sampling sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre-test and post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis paragraf persuasif. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan rata-rata 62,81, standar deviasi 10,30, dan standar error 1,85, serta lima kategori nilai yakni kategori sangat baik 6,25%, kategori baik 6,25%, kategori cukup 37,5%, kategori kurang 31,25%, kategori sangat kurang 18,75%; sedangkan hasil post-tes diperoleh rata-rata 78,12, standar deviasi 10,36, dan standar error 1,86, dengan lima kategori nilai yakni kategori sangat baik 53,12%, kategori baik 12,5%, kategori cukup 25%, kategori kurang 9,375%, kategori sangat kurang 0%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 5,84; setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = N – 1 = 32 – 1 = 31, dari df 31 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,04. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 5.3>2.04, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh secara positif terhadap kemampuan menulis paragraf persuasif oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Barumun Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUmar, Azhar19600611195031002
Call Number: SK-2016 IND 060
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri; Menulis; Paragraf Persuasif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Sep 2016 02:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19528

Actions (login required)

View Item View Item