HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS BERITA DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SELESAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Muliana, Sri (2016) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS BERITA DAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SELESAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2121111015 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2121111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2121111015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2121111015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2121111015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2121111015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2121111015 TABLES.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2121111015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 2121111015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2121111015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 2121111015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan menganalisis teks berita dan kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Selesai tahun pembelajaran 2015/2016. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 311 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 36 orang. Dari pengolahan data, diperoleh hasil kemampuan menganalisis teks berita dengan nilai rata-rata = 66,69 dan standar deviasi = 11,69. Nilai tersebut tergolong dalam kategori sangat baik, baik, cukup, kurang, dan sangat kurang, yakni 16,6% untuk kategori sangat baik, 25,0% untuk kategori baik, 33,3% untuk kategori cukup, 13,9% untuk kategori kurang, dan 11,2% untuk kategori sangat kurang. Hasil kemampuan menulis teks berita dengan rata-rata = 73,55 dan standar deviasi = 9,76. Nilai tersebut tergolong dalam kategori sangat baik, baik, cukup, kurang, dan sangat kurang, yakni 36,1% untuk kategori sangat baik, 38,9%, untuk kategori baik, 13,8%, untuk kategori cukup, 11,2% untuk kategori kurang, dan tidak ada atau 0% untuk kategori sangat kurang. Dari uji normalitas data hasil kemampuan menganalisis teks berita dan kemampuan menulis teks berita, menunjukkan bahwa kedua hasil berdistribusi normal. Dalam uji linieritas data penelitian tersebut juga dinyatakan linier. Setelah melakukan uji normalitas dan uji linieritas maka dilakukan pengujian hipotesis. Untuk mengetahui tingkat hubungan variabel X dan Y digunakan rumus korelasi Product Moment (rxy) dari Carl Pearson. Diperoleh harga rxy = 0,681 yang lebih besar dari harga r pada tabel product moment pada taraf signifikansi 5% (0,329). Dengan persyaratan rxy > rtabel = (0,681 > 0,329) maka hipotesis diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan menganalisis teks berita dan kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Selesai tahun pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Call Number: SK-2016 IND 058
Keywords: Analisis Teks Berita; Menulis; Berita.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Sep 2016 02:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19526

Actions (login required)

View Item View Item