PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERPEN “NASIHAT-NASIHAT” KARYA A. A. NAVIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Khairani, Desi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERPEN “NASIHAT-NASIHAT” KARYA A. A. NAVIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Other
4. NIM 2123111010 PREFACE.PDF - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Other
1. NIM 2123111010 COVER.PDF - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Other
5. NIM 2123111010 TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Other
3. NIM 2123111010 ABSTRACT.PDF - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Other
6. NIM 2123111010 TABLES.PDF - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Other
7. NIM 2123111010 APPENDICES.PDF - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2123111010 APPROVAL SHEET.PDF.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Other
8. NIM 2123111010 CHAPTER 1.PDF - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 21233311020_BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 21233311020_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 111 siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas XI IPA 3 yang berjumlah 26 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Desain penelitiannya adalah one group pre-test post-test design.Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes esai. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen “nasihat-nasihat” karya A.A.Navis sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assited Individualization) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan Tahun Pembelajaran 2015/2016 tergolong ke dalam kategori cukup. Kedua, kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen “nasihat-nasihat” karya A.A.Navis setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assited Individualization) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan Tahun Pembelajaran 2015/2016 tergolong ke dalam kategori baik. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen “nasihat-nasihat” karya A.A.Navis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBarus, Sanggup195411101980031007
Call Number: SK-2016 IND 057
Keywords: Model TAI; Kemampuan Mengidentifikasi;Cerpen.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Sep 2016 02:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19525

Actions (login required)

View Item View Item