PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTAPINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Hasibuan, Sri Devi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTAPINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2134411002 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2134411002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2134411002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2134411002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2134411002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2134411002 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2134411002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2134411002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2134411002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2134411002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMPNegeri 1 Kotapinang Tahun Pembelajaran 2015/2016.Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswakelas VII SMP Negeri 1 Kotapinang yang berjumlah 349 orang. Dari populasi ini diambil sampel yang terdiri dari 37 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan cara mengundi perwakilan siswa seluruh kelas VII SMPNegeri 1 Kotapinang, diperoleh sampel yaitu siswa kelas VII-7. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dan model desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design yang hanya dilakukan pada satu kelas saja. Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Distribusi data yang diperoleh: rata-rata pre-test sebesar 65,68dengan standar deviasi10,67, sedangkan rata-rata post-test sebesar 77,64 dengan standar deviasi 9,84. Hasil perhitungan uji normalitas: data pre-test diperoleh harga Lhitung = dan Ltabel=0,1456. Ternyata ( 0,1476). Hal ini menunjukkan bahwa data pre-test berdistribusi normal. Data post-test diperoleh harga Lhitung = dan Ltabel =0,1456. Ternyata ( 0,1456). Hal ini menunjukkan bahwa data post-test berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas data dilakukan uji F. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,17sedangkan Ftabel = 1,78 untuk = 0,05, dk= 36 orang. Ternyata, Fhitung Ftabel yakni1,17 1,78. Hal ini membuktikan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil perhitungan uji “t” diperoleh thitung =4,96, sedangkan ttabel = 2,03. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu4,96 2,03. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran explicit instruction terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kotapinang Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArnita, 197606212008122001
Call Number: SK-2016 IND 134
Keywords: Model Pembelajaran; Explicit Instruction; Menulis Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Sep 2016 10:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19513

Actions (login required)

View Item View Item