PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Simatupang,, Janwar Sahputra (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.-NIM.-2123111033-COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.-NIM.-2123111033.-APPROVAL-SHEET.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.-NIM.-2123111033-ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.-NIM.-2123111033-PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.-NIM.-2123111033.-TABLE-OF-CONTENT.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.-NIM.-2123111033.-TABLES.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.-NIM.-2123111033.-APPENDICES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.-NIM.-2123111033.-PICTURES.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.-NIM.-2123111033.-CHAPTER-I.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.-NIM.-2123111033.-CHAPTER-V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.-NIM.-2123111033.-BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap kemampuan menulis artikel ilmiah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 15 Medan dengan jumlah 451 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 siswa kelas XI. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil pre-test dan post-test. Adapun nilai rata-rata = 64,41, standar deviasi = 8,36 dan termasuk dalam kategori sangat baik 0%, kategori baik 26,4%, kategori cukup 64,7%, kategori kurang 8,9%, dan kategori sangat kurang 0%. Sedangkan nilai rata-rata post-test = 76,88, standar deviasi = 7,59 dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 12%, kategori baik sebanyak 76%, kategori cukup sebanyak 12%, kategori kurang sebanyak 0%, dan kategori sangat kurang sebanyak 0%. Dari hasil uji data pre-test dan post-test yang diperoleh siswa merupakan data yang berdistribusi normal. Hal ini dapat dilihat dari uji normalitas hasil pretest, yaitu Lhitung < Ltabel (0,1134 < 0,151) dan uji normalitas hasil post-test , yaitu Lhitung < Ltabel (0,0853 < 0,151). Dari uji homogenitas juga terbukti bahwa sampel dalam penelitian ini berasal dari populasi yang homogen, yaitu Fhitung < Ftabel yakni 1,11 < 1,80. Dan dari pengujian hipotesis yang dilakukan diperoleh to > ttabel (6,46 > 2,04) telah membuktikan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis bukti yang empirik bahwa model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel ilmiah di SMA Negeri 15 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSolin, Mutsyuhito195810061985031001
Call Number: SK-2016 IND 088
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Kemampuan Menulis; Menulis Artikel Ilmiah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Sep 2016 09:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19508

Actions (login required)

View Item View Item