HUBUNGAN PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Pulungan, Aisyahro (2016) HUBUNGAN PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2123311001_COVER.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2123311001_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2123311001_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2123311001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2123311001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2123311001_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2123311001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2123311001_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 2123311001_BAB I.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2123311001_BAB V.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 2123311001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman isi, struktur dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks Biografi oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 219 orang. Sampel yang diambil adalah 38 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan adalah metode Ex post facto. Data pemahaman isi, struktur, ciri kebahasaan , dan kemampuan menulis teks biografi oleh siswa dijaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 60 soal dan essay tes 1 soal yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Penguji hipotesis dilakukan dengan uji “r.” Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pemahaman isi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 80,79 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (1,985 > 0,320), kemampuan siswa dalam pemahaman struktur termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 79,08 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (290 > 0,320), kemampuan siswa dalam pemahaman ciri kebahasaan termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 75,92 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (2,730 > 0,320), sedangkan kemampuan siswa dalam kemampuan menulis teks biografi dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 80,39 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (1,985 > 0,320). Pada taraf signifikan α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks biografi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2015/201

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArif, Syamsul195911241986011002
Call Number: SK-2016 IND 083
Keywords: Teks Biografi; Ciri Kebahasaan; Kemampuan Menulis Teks Biografi
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CT Biography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Sep 2016 08:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19506

Actions (login required)

View Item View Item