PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO-STAY TWO-STRAY) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSURUNSUR INTRINSIK CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Silaban,, Putri (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO-STAY TWO-STRAY) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSURUNSUR INTRINSIK CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 NIM 2123311063 COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 NIM 2123311063 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 NIM 2123311063 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 NIM 2123311063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 NIM 2123311063 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 NIM 2123311063 Daftar TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 NIM 2123311079 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 NIM 2123311063 BAB I.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 NIM 2123311063 BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 2123311063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe dua tinggal dua tamu (two stay two stray) terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 15 Medan dengan jumlah 451 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa kelas XI. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil pre-test dan post-test. Adapun nilai rata-rata = 63,94, standar deviasi = 8,59 dan termasuk dalam kategori sangat baik 0%, kategori baik 25,71%, kategori cukup 62,85%, kategori kurang 11,42%, dan kategori sangat kurang 0%. Sedangkan nilai rata-rata post-test = 76,91, standar deviasi = 7,53 dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 20%, kategori baik sebanyak 63%, kategori cukup sebanyak 17,2%, kategori kurang sebanyak 0%, dan kategori sangat kurang sebanyak 0%. Dari hasil uji data pre-test dan post-test yang diperoleh siswa merupakan data yang berdistribusi normal. Hal ini dapat dilihat dari uji normalitas hasil pre-test, yaitu Lhitung < Ltabel (0,1332 < 0,149) dan uji normalitas hasil post-test , yaitu Lhitung < Ltabel (0,1265 < 0,149). Dari uji homogenitas juga terbukti bahwa sampel dalam penelitian ini berasal dari populasi yang homogen, yaitu Fhitung < Ftabel yakni 1,406 < 2,71. Dan dari pengujian hipotesis yang dilakukan diperoleh to > ttabel (6,65 > 2,03) telah membuktikan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis bukti yang empirik bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen di SMA Negeri 15 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorGafari, M.Oky Fardian197901152005011002
Call Number: SK-2016 IND 066
Keywords: Model Pembelajaran; Dua Tinggal Dua Tamu; Unsur-unsur intrinsi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Sep 2016 07:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19501

Actions (login required)

View Item View Item