HUBUNGAN PENGUASAAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Handayani, Lia (2016) HUBUNGAN PENGUASAAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2123111044 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2123111044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2123111044 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2123111044 PREFACE.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2123111044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2123111044 TABLES.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2123111044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2123111044 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 2123111044 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2123111044 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 2123111044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui ada tidaknya pengaruh penguasaan isi, struktur, dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek oleh siswa kelas XI. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2015/2016 dengan sampel berjumlah 65 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode yang digunakan adalah ex post facto yang bertujuan untuk melihat fakta yang ada dari beberapa gejala atau fenomena dalam masalah penelitian serta memberikan gambaran korelasi dan kontribusi/sumbangan dari penelitian tersebut. Dalam penelitian ini data penguasaan isi, struktur, ciri kebahasaan teks cerita pendek dikumpulkan dengan tes berbentuk pilihan ganda berjumlah 55 soal dengan lima pilihan jawaban dan diberi skor 1 untuk jawaban benar, skor 0 untuk jawaban salah dengan rentang nilai 0 – 100. Sedangkan, data kemampuan menulis teks cerita pendek dikumpulkan dengan tes essay. Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini digunakan dengan teknik analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang berarti dan signifikan antara penguasaan isi, struktur, dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks cerita pendek dengan persamaan regresi ganda Y = 25,97 + 0,25 + 0,24 + 0,18 dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 69,4 % yang berarti bahwa kemampuan menulis teks cerita pendek dapat dijelaskan oleh X1 , X2, dan X3. Dari hasil regresi ganda ditemukan sumbangan efektif variabel penguasaan isi (X1) 43,41%, struktur (X2) 33,38%, dan sumbangan efektif ciri kebahasaan (X3) sebesar 23,21%. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat hubungan yang signifikan dan berarti antara penguasaan isi, struktur, dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks cerita pendek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArif, Syamsul195911241986011002
Call Number: SK-2016 IND 071
Keywords: Struktur; Ciri Kebahasaan; Teks cerita Pendek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Sep 2016 07:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19500

Actions (login required)

View Item View Item