PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Situmorang,, Ira Novita (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 NIM 2123111032 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 NIM 2123111032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 NIM 2123111032 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 NIM 2123111032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 NIM 2123111032 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 NIM 2123111032 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 NIM 2123111032 TABLES OF ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 NIM 2123111032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 NIM 2123111032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 2123111032 BIBLIOGRAFHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap kemampuan mengidentifikasi teks eksplanasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 449 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas VII-10 yang berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah pilihan berganda. Pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan mengidentifikasi teks eksplanasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi tahun pembelajaran 2015/2016 sebelum penerapan model discovery learning (pre-test) termasuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 62,87, standard deviasi = 11,72 sedangkan kemampuan mengidentifikasi teks eksplanasi setelah penerapan model discovery learning (post-test) masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78,25, standar deviasi = 10,15. Dari uji data hasil pre-test dan post-test didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah t0 sebesar 5,70. Selanjutnya setelah t0 diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df= N- 1= 40-1 = 39 dari df = 40 diperoleh taraf signifikasi 5% = 2,02, karena t0 yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 5,70 > 2,02, maka hipotesis penelitian (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat taraf signifikansi atas penerapan model discovery learning terhadap kemampuan mengidentifikasi teks eksplanasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmbarita, Biner195705151984031004
Call Number: SK-2016 IND 067
Keywords: Model Discovery Learning; Teks Eksplanasi;Guru dan Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Sep 2016 07:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19497

Actions (login required)

View Item View Item