KEMAMPUAN MENULIS PARAFRASA PUISI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BAHAN AJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/20

Pertiwi, Dewi (2016) KEMAMPUAN MENULIS PARAFRASA PUISI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BAHAN AJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/20. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01 NIM 2122111008 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 NIM 2122111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 NIM 2122111008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 NIM 2122111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 NIM 2122111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 NIM 2122111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 NIM 2122111008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 NIM 2122111008 BAB I.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 NIM 2122111008 BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 2122111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan siswa dalam menulis parafrasa puisi dan implikasinya terhadap bahan ajar baik yang berhubungan dengan sastra atau lainnya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini sebanyak 35 orang siswa dari jumlah populasi keseluruhan 238 siswa. Metode yang digunakan dalam pemelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif Metode kualitatif bersifat deskriptif, artinya data yang dianalisis tidak untuk menerima atau menolak hipotesis (jika ada), melainkan hasil analisis itu bersifat deskripsi dari gejala-gejala yang diamati, yang tidak harus berbentuk angka-angka atau koefisien antar variabel. Penelitian ini berusaha untuk melaporkan keadaan objek yang diteliti sesuai dengan apa adanya, yaitu menggambarkan sejauh mana kemampuan siswa dalam menulis parafrasa puisi dan implikasinya terhadap bahan ajar lainnya. Dari data yang diperoleh adapun nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 92 dan nilai terendah adalah 66,7, dengan jumlah skor keseluruhan 2698. Berdasarkan data tersebut, maka nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2015/2016 dalam menulis parafrasa puisi adalah skor keseluruhan dibagi dengan jumlah sampel maka hasil yang diperoleh yaitu 77.08 dan masuk ke dalam kategori “baik.” Selanjutnya sekitar 81% kemampuan menulis parafrasa puisi berimplikasi terhadap bahan ajar selanjutnya baik itu bahan ajar sastra atau lainnya yang berhubungan dengan empat aspek keterampilan membaca, menulis, berbicara dan menyimak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPulungan, Hendra Kurnia197707172006041001
Call Number: SK-2016 IND 074
Keywords: Menulis; Parafrasa; Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Sep 2016 07:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19496

Actions (login required)

View Item View Item