HUBUNGAN PENGUASAAN MAKNA KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 LANGSA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Maulidani,, Dwi (2016) HUBUNGAN PENGUASAAN MAKNA KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 LANGSA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2123111015_COVER.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2123111015_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2123111015_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2123111015_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2123111015_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2123111015_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2123111015_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2123111015_BAB I.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2123111015_BAB V.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2123111015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan makna kata terhadap kemampuan menulis puisi yang dilaksanakan pada bulan Mei 2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 9 Langsa Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi pada penelitian ini berjumlah 161 siswa yang tersebar atas 7 kelas. Sampel penelitian berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 1 kelas, yaitu kelas VIII.9. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dalam bentuk kajian korelasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan korelasi Pearson (r) . Dari pengolahan data diperoleh hasil penguasaan makna kata dengan rata-rata= 75,43, standar deviasi= 11,78 dan termasuk pada kategori baik. Kemudian hasil kemampuan menulis puisi diperoleh rata-rata= 80,86, standar deviasi= 8,39 dan termasuk pada kategori baik. Dari uji data hasil penguasaan makna kata dan kemampuan menulis puisi didapat keduanya berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang berarti dan linier. Setelah uji persyaratan analisis dipenuhi, maka selanjutnya dilakukan uji hipotesis dan diperoleh r= 0,929. Harga ini kemudian dikonsultasikan dengan sebesar 0,413 dengan taraf signifikansi 5%. Karena > , maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara penguasaan makna kata terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Langsa Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPulungan, Hendra Kurnia197707172006041001
Call Number: SK-2016 IND 113
Keywords: Penguasaan; Makna Kata; Menulis Puisi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Sep 2016 07:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19495

Actions (login required)

View Item View Item