PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIOLOGI TOPIK EKOLOGI KELAS VII SMP BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN KEBUN SAYUR

Depari, Tresia Valentina Br (2016) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIOLOGI TOPIK EKOLOGI KELAS VII SMP BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN KEBUN SAYUR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8146174042 COVER.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8146174042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8146174042 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8146174042 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8146174042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8146174042 TABLES.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8146174042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8146174042 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8146174042 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8146174042 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8146174042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis penemuan terbimbing yang layak dan memenuhi syarat sebagai bahan ajar yang baik. jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran Dick dan Carey. Metode penelitian terdiri dari: (1) validasi ahli materi pembelajaran biologi; (2) validasi ahli rancangan penelitian; (3) uji coba guru biologi; (4) uji coba perorangan; (5) uji coba kelompok kecil; dan (6) uji coba kelompok terbatas. Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi pembelajaran biologi, satu ahli desain pembelajaran, tiga siswa untuk uji perorangan, Sembilan siswa untuk uji kelompok kecil, dan 38 orang siswa untuk uji coba kelompok terbatas. Data-data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil validasi ahli materi pembelajaran biologi berada pada kategori sangat baik (91,8%); (2) hasil validasi ahli rancangan pembelajaran berada pada kategori sangat baik (90,74%); (3) uji coba guru biologi berada pada kategori sangat baik (91,46%); (4) uji coba perorangan berada pada kategori sangat baik (89,88%); (5) uji coba kelompok kecil berada pada kategori sangat baik (90,48%); dan (6) uji coba kelompok terbatas berada pada kategori sangat sangat baik (91,14%).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManurung, Binari196404041989031006
Thesis advisorSudibyo, Mufti196008161988031005
Call Number: 581.707 1 Dep p
Keywords: Bahan ajar; Topik ekologi; Lingkungan kebun sayur; Penemuan terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Sep 2016 07:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19494

Actions (login required)

View Item View Item