PENGARUH MEDIA GAMBAR GRAFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sitinjak, Twentyna Fivebrin (2016) PENGARUH MEDIA GAMBAR GRAFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2123111083 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2123111083 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2123111083 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2123111083 PREFACE.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2123111083 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2123111083 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2123111083 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2123111083 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2123111083 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2123111083 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar grafik terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Swasta Gajag Mada Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 61 siswa. Dari 61 siswa, ditetapkan 30 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis paragraf argumentasi sebelum menggunakan media gambar grafik masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 59,5 sedangkan setelah diadakan perlakuan media termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78,17. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 9,94 > 2,04 pada taraf signifikan = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu media gambar grafik berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Swasta Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRosmawaty, 196104201987032002
Call Number: SK- IND 107
Keywords: Media Gambar Grafik; Paragraf Argumentasi; SMA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Sep 2016 04:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19476

Actions (login required)

View Item View Item