PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR, KEPEDULIAN TERHADAP LINGKUNGAN DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 BENDAHARA ACEH TAMIANG

Fauzi, (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR, KEPEDULIAN TERHADAP LINGKUNGAN DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 BENDAHARA ACEH TAMIANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8146174012_COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8146174012_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8146174012_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8146174012_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8146174012_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8146174012_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8146174012_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8146174012_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8146174012_BAB I.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8146174012_BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8146174012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap: (1) hasil belajar siswa; (2) kepedulian siswa terhadap lingkungan; (3) keterampilan proses sains siswa pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian ini termasuk Quasi Experimental design dengan desain penelitian pretest and protest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bendahara tahun pelajaran 2015/2016 terdiri dari 1 kelas unggulan dan 3 kelas regular. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X reguler sebanyak 3 kelas dengan perlakuan kelas X2 (PjBL), X3 (PBL) dan X4 (Konvensional) dengan jumlah 90 siswa. Pengambilan sampel penelitian ini ditentukan oleh peneliti dengan mempertimbangkan kriteria-kriteria tertentu (Purposive Sampling). Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar menggunakan analisis kovarians (Anacova), kepedulian terhadap lingkungan menggunakan angket dan keterampilan proses sains siswa tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dan berbasis masalah terhadap: (1) hasil belajar (Fhitung = 16,46; P = 0,000); (2) kepedulian terhadap lingkungan (Fhitung = 16,67; P = 0,000); dan (3) keterampilan proses sains (Fhitung = 20,92; P = 0,000). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek nilai hasil belajar, kepedulian terhadap lingkungan dan keterampilan proses sains siswa lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran berbasis masalah dan konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManurung, Binari196404041989031006
Thesis advisorEdi, Syahmi196407101990031002
Call Number: 571.950 712 Fau p
Keywords: Pembelajaran berbasis proyek; Pembelajaran berbasis masalah; Hasil belajar; Kepedulian terhadap lingkungan; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Sep 2016 04:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19475

Actions (login required)

View Item View Item