PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY (PEMANFAATAN LINGKUNGAN LUAR KELAS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Syahputra, Muhammad Dikky (2016) PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY (PEMANFAATAN LINGKUNGAN LUAR KELAS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2123311053 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2123311053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2123311053 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2123311053 PREFACE.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2123311053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2123311053 TABLES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2123311053 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2123311053 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2123311053 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2123311053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode outdoor study (pemanfaatan lingkungan luar kelas) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 323 orang. Dari populasi tersebut, ditetapkan sampel sebanyak 36 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis puisi sebelum penerapan metode outdoor study (pemanfaatan lingkungan luar kelas) tergolong dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 71,11, sedangkan kemampuan siswa dalam menulis puisi setelah penerapan metode outdoor study tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 81,11. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (3,23) > ttabel (2,03) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima. Hal ini menunjukkan bahwa metode outdoor study (pemanfaatan lingkungan luar kelas) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa tahun pembelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDaulay, Syahnan195808311986011002
Call Number: SK-2016 IND 143
Keywords: Pengaruh; Metode Outdoor Study; Menulis Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Sep 2016 03:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19453

Actions (login required)

View Item View Item