PENGARUH PEMAHAMAN STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Lumbangaol, Hot Seri Yanti (2016) PENGARUH PEMAHAMAN STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2123111028 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2123111028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (524kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pemahaman struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe sebanyak 192 orang dan pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 32 orang. Metode yang digunakan adalah metode deskripsi koresional. Data kebiasaan membaca dijaring dengan menggunakan angket sebanyak 38 soal. Data kemampuan menulis teks prosedur kompleks dijaring dengan menggunakan tes perbuatan. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji keberartian. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal, linier, dan berarti. Hasil perhitungan dengan menggunakan anlisis korelasi Product Moment pada taraf signifikan α 0.05 menujukkan nilai rhitung > rtabel yakni 0.857 > 0.349, hal ini berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2015/2016. Adanya hubungan yang signifikan pemahaman steruktur dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks prosedur kompleks maka dapat disimpulkan bahwa Ho (hipotesis nihil) diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBasyaruddin, 195809041986011001
Call Number: SK-2016 IND 125
Keywords: Struktur; Ciri Kebahasaan; Menulis; Teks Prosedur Kompleks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Jul 2017 02:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19444

Actions (login required)

View Item View Item