PENGARUH MEDIA IKLAN ADVERTORIAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Napitu, Hoprinsius (2016) PENGARUH MEDIA IKLAN ADVERTORIAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2123311035 COVER.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 2123311035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2123311035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2123311035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2123311035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2123311035 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2123311035 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2123311035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2123311035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2123311035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Media Iklan Advertorial dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf persuasif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan dengan jumlah 340 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 siswa yang diambil secara homogen dengan random control-group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test = 63,9, standar deviasi = 9,23 digolongkan pada kategori baik = 34%, kategori cukup = 53%, dan kategori kurang = 13%. Nilai rata-rata post-test = 77,2, standar deviasi = 8,24 dan dikategorikan pada kategori sangat baik = 26%, kategori baik = 61%, dan kategori cukup = 13%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogeny. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 6,58. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df= N-1, yakni 38-1=37. Dari df 37 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2,03. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 6,58 > 2,03 dengan demikian hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Media Iklan Advertorial berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis paragraf persuasif pada siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan tahun pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Call Number: SK-2016 IND 117
Keywords: Media Iklan Advertorial; Menulis Paragraf Persuasif;Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Sep 2016 09:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19442

Actions (login required)

View Item View Item