KEMAMPUAN MEMPARAFRASEKAN PUISI “AKU” KARYA CHAIRIL ANWAR MENJADI PROSA OLEH SISWA KELAS X SMK SWASTA TAMANSISWA PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Bangun, Enda Rezita (2016) KEMAMPUAN MEMPARAFRASEKAN PUISI “AKU” KARYA CHAIRIL ANWAR MENJADI PROSA OLEH SISWA KELAS X SMK SWASTA TAMANSISWA PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2123311024_COVER.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2123311024_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2123311024_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2123311024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2123311024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2123311024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2123311024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2123311024_BAB I.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2123311024_BAB V.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2123311024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan memparafrasekan puisi “AKU” karya Chairil Anwar menjadi prosa oleh siswa kelas X SMK Swasta Tamansiswa Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 305 siswa. Dari populasi tersebut, ditetapkan 52 orang siswa yang diambil secara acak sebagai sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes penugasan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan memparafrasekan puisi “AKU” karya Chairil Anwar menjadi prosa oleh siswa kelas X SMK Swasta Tamansiswa Pematangsiantar tahun pembelajaran 2015/2016 masuk dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata 65. Ada lima aspek yang dinilai dari kemampuan memparafrasekan puisi menjadi prosa yaitu aspek kesesuaian tema, kemampuan mengubah kata bermakna kias/konotasi dalam puisi menjadi bermakna sebenarnya, kemampuan mengubah kata-kata sulit menjadi kata atau uraian yang sederhana, ide pokok dan keefektifan kalimat. Berdasarkan hasil penelitian, aspek kesesuaian tema memperoleh nilai rata-rata tertinggi 87,5 yang berada pada kategori baik sekali. Aspek mengubah kata bermakna kias/konotasi dalam puisi menjadi makna sebenarnya memperoleh nilai rata-rata 75 yang berada pada kategori cukup. Aspek mengubah kata-kata sulit menjadi kata atau uraian yang sederhana memperoleh nilai 71, 5 yang berada pada kategori cukup. Aspek ide pokok memperoleh nilai 57,5 yang berada pada kategori cukup dan aspek keefektifan kalimat memperoleh nilai 38,5 yang berada pada kategori kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUmar, Azhar196006111985031002
Call Number: SK-2016 IND 116
Keywords: Parafrase; Puisi; Prosa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Sep 2016 04:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19424

Actions (login required)

View Item View Item