KONTRIBUSI PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG KONSEPSI NASIONALISME INDONESIA TERHADAP KARAKTER KEBANGSAAN

Purba, Uci Novita (2016) KONTRIBUSI PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG KONSEPSI NASIONALISME INDONESIA TERHADAP KARAKTER KEBANGSAAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM 3123311060 COVER.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM 3123311060 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 3123311060 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM 3123311060 PREFACE.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 3123311060 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 3123311060 TABLES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM 3123311060 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 3123311060 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 3123311060 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM 3123311060 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM 3123311060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi pemahaman mahasiswa tentang konsepsi nasionalisme Indonesia terhadap karakter kebangsaan, dengan hipotesa ada kontribusi pemahaman mahasiswa tentang konsepsi nasionalisme Indonesia terhadap karakter kebangsaan. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan PPKn Universitas Negeri Medan stambuk 2012 yang terdiri dari 2 jenis program yaitu Reguler dan Ekstensi yang berjumlah 147 Orang mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 25% dari 147 orang yaitu 37 orang ditetapkan secara acak sederhana (random sampling). Hasil analisa data diperoleh: (a) uji normalitas diperoleh variabel kontribusi pemahaman mahasiswa tentang konsepsi nasionalisme Indonesia terhadap karakter kebangsaan = 0.515 > 0.05 berarti data berdistribusi normal, (b) uji homogenitas diperoleh variabel kontribusi pemahaman mahasiswa tentang konsepsi nasionalisme Indonesia terhadap karakter kebangsaan = 0.343 > 0.05, artinya data variabel karakter kebangsaan berdasarkan variabel kontribusi pemahaman mahasiswa tentang konsepsi nasionalisme Indonesia mempunyai varian yang sama, sehingga data berdistribusi homogeny, (c) uji korelasi product moment pearson diperoleh arah positif yaitu 0.437, maka korelasi variabel bersifat searah, artinya jika kontribusi pemahaman mahasiswa tentang konsepsi nasionalisme Indonesia ditingkatkan maka karakter kebangsaan akan meningkat pula, (d) diperoleh persamaan regresi Y=15.015 + 0.711X, hal ini berarti konstanta sebesar 15.015 menyatakan bahwa jika tidak ada nilai kontribusi pemahaman mahasiswa maka nilai karakter kebangsaan sebesar 15.015 dan koefisien regresi X sebesar 0.711 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 nlai pemahaman mahasiswa, maka nilai karakter kebangsaan bertambah sebesar 0.711, (e) uji linieritas regresi diperoleh nilai linierity sebesar 0,005 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa antara variabel kontribusi pemahaman mahasiswa tentang konsepsi nasionalisme Indonesia dan karakter kebangsaan terdapat hubungan yang linier, (f) uji koefisien determinasi besarnya sumbangan kontribusi pemahaman mahasiswa tentang konsepsi nasionalisme Indonesia terhadap karakter kebangsaan sebesar 19.10%. Uji hipotesa diketahui nilai thitung > dari ttabel (2.876 > 2.021). Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian dibuktikan kebenarannya yaitu ada kontribusi pemahaman mahasiswa tentang konsepsi nasionalisme Indonesia terhadap karakter kebangsaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSetiawan, Deny196803081993031003
Call Number: SK-2016 PKn 046
Keywords: Mahasiswa;Nasionalisme;Karakter Kebangsaan
Subjects: K Law > K Law (General) > K3154 Constitutional law
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Sep 2016 07:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19421

Actions (login required)

View Item View Item