PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK MORAL SISWA SMP NEGERI 10 MEDAN T.P 2015/2016

Tarigan, Mentari (2016) PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK MORAL SISWA SMP NEGERI 10 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3123111046 COVER.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3123111046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3123111046 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3123111046 PREFACE.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3123111046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3123111046 TABLES.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3123111046 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3123111046 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 3123111046 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3123111046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk moral siswa SMP Negeri 10 Medan TP 2015/2016. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 10 Medan yang berjumlah 1.111 dan ditambah dengan 8 orang guru Pendidikan Kewarganegaraan dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 10% dari jumlah keseluruhan populasi dengan menggunakan teknik random sampling. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan angket yang berjumlah 20 soal dan diisi oleh responden. Teknik analisis data yang digunakan untuk penelitian ini dengan rumus statistik sederhana (persentase). Hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa guru PKn sangat berperan dalam membentuk moral siswa SMP Negeri 10 Medan yaitu berada diantara 76% - 100%. Usaha guru PKn dalam membentuk moral siswa ialah dengan menerapkan disiplin, kejujuran, kesopanan, taat pada peraturan sekolah dan menghormati orang yang lebih tua maupun teman sebaya. Upaya yang dilakukan guru PKn dalam membentuk moral siswa adalah menjadikan siswa yang bermoral menjadi generasi muda yang berguna bagi bangsa dan Negara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorYunita, Sri1970060812006042002
Call Number: SK-2016 PKn 039
Keywords: Guru;PKn; Moral
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Sep 2016 06:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19415

Actions (login required)

View Item View Item