PERAN GURU PKn DALAM MEMBINA KESADARAN POLITIK SISWA DI SMA SANTO PETRUS MEDAN T.A 2015/2016

Tamba, Kiki Jaseva (2016) PERAN GURU PKn DALAM MEMBINA KESADARAN POLITIK SISWA DI SMA SANTO PETRUS MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Nim 3122111013 Cover.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Nim 3122111013 Approval sheet.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Nim 3122111013 Abstrak.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Nim 3122111013 Preface.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3122111013 Table Of Content..pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Nim 3122111013 Tables.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Nim 3122111013 Appendices.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Nim 3122111013 Chapter I.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Nim 3122111013 Chapter V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Nim 3122111013 Biblografhy.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam membina kesadaran politik siswa di SMA Santo Petrus Medan T.A 2015/2016. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan kelas XI SMA Santo Petrus Medan yang berjumlah 226 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 orang dengan mengambil 20% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik sampel acak. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian dengan memperoleh data yang berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi dan penyebaran angket. Untuk mengetahui analisis data yang terkumpul penulis menggunakan table frekuensi. Selanjutnya teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan cukup berperan 78,2% dalam membina kesadaran politik siswa di SMA Santo Petrus Medan. Siswa sadar bahwa pendidikan politik dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan kesadaran politik berdasarkna dimensi pengetahuan kewarganegaraan, dimensi ketrampilan kewarganegaraan dan dimensi nilai-nilai kewarganegaraan. Dimensi pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge) yang mencakup bidang politik, hukum dan moral. Dimensi ketrampilan kewarganegaraan (civic skill) meliputi ketrampilan partisipasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dan dimensi nilai-nilai kewarganegaraan mencakup antara lain percaya diri, komitmen, penguasaan atas nilai religius, norma dan moral luhur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHalking, 196304061993031001
Call Number: SK-2016 PKn 072
Keywords: Peran Guru;Pendidikan Kewarganegaraan; Pendidikan Politik
Subjects: J Political Science > JC Political theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Sep 2016 02:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19391

Actions (login required)

View Item View Item