PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SAYURMATINGGI MELALUI PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK

Simanungkalit, Juindi Ferdinan (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SAYURMATINGGI MELALUI PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8126171014. COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8126171014. COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8126171014. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8126171014. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM. 8126171014. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.NIM. 8126171014. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8126171014. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8126171014. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM. 8126171014. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5.NIM. 8126171014. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8126171014. TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8126171014. TABEL.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8126171014. GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8126171014. GAMBAR.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8126171014. BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8126171014. BAB I.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8126171014. BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8126171014. BAB V.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8126171014. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8126171014. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran investigasi kelompok lebih baik dari pada yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran investigasi kelompok lebih baik dari pada yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (3) ada atau tidaknya interaksi antara model pembelajaran investigasi kelompok dan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (4) ada atau tidaknya interaksi antara model pembelajaran investigasi kelompok dan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (5) bagaimana ragam jawaban siswa yang diajar melalui pembelajaran investigasi kelompok. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak (cluster random sampling), dua kelas yang terpilih adalah kelas VII-2 SMP Negeri 1 Sayurmatinggi sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 SMP Negeri 1 Sayurmatinggi sebagai kelas kontrol, kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran investigasi kelompok, kelas control diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Analisis data dilakukan dengan ANAVA Dua Jalur. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diberi pembelajaran investigasi kelompok dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional; (2) Terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang diberi pembelajaran investigasi kelompok dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional; (3) Tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan model pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa; (4) Tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan model pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa; dan (5) Proses penyelesaian jawaban tes kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika pada kelas yang diajarkan dengan pembelajaran investigasi kelompok lebih baik dan terlihat langkah-langkah penyelesaian berurutan dan benar dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini maka para guru matematika disarankan untuk menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok sebagai model pembelajaran alternative dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Sim p
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran investigasi kelompok; Pembelajaran konvensional; Kemampuan pemecahan masalah; Kemampuan komunikasi matematis; Teori belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Sep 2016 03:23
Last Modified: 07 Sep 2016 03:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19372

Actions (login required)

View Item
View Item