dipilih tujuan classe universita validity serta declared peningkatan average experiment bagaimana ttabel problem there tinggi setelah syarat people treated education then state terlihat eligible students' instrumen terhadap increasing selected bahwa better tidak tesi pemecahan menyelesaikan VII received settlement coefficient kemudian 029 708 secara dinyatakan proces terdiri masalah adalah memenuhi penyelesaian berjumlah result keyword student kemampuan wa untuk numbered jawaban given analysi besar performed tersebut learning medan interaction berturut ability between reliabilita siswa uji koefisien program populasi KAP 2222 control hasil rata content mengunakan prose dalam studie mathematic using grade diperoleh melalui university isi ANOVA ABSTRACT usual pembelajaran memperoleh kontrol obtained kata post studi digunakan kela validita who berbasi dibuat graduate antara ABSTRAK ini analisi early experimental statistik biasa pasca matematika mengetahui ANTONIUS baik menunjukkan used hal diberi ANAVA way model 716 1389 dibandingkan study classroom PBM randomly interaksi population test acak how thitung dilakukan 4444 normal obtaining pada improving statistical clas evident ha dua pembelajaranya answer through penerapan reliability based pendidikan abilitie school negeri dan field acquire greater purpose mengenai than determine poste kunci 3056 891 komunikasi sarjana dengan data after orang showed yang skill consist turut math instrument lebih solving penelitian whether matematik respectively apakah communication 2016 mathematical two junior jalu dari SMP terdapat awal SIMBOLON mean telah eksperimen perlakuan regarding gain sebesar instruction high te