UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PERMESINAN BUBUT DI KELAS XI SMK N 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2014/2015.

Sihombing, Setia F.M. (2015) UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PERMESINAN BUBUT DI KELAS XI SMK N 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
5103121037 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5103121037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5103121037 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5103121037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5103121037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5103121037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5103121037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5103121037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5103121037 BAB I.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5103121037 BAB V.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5103121037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya nilai rata – rata siswa pada mata pelajaran Teknik Permesinan Bubut dari jumlah 27 siswa hanya 13 siswa atau 48% dengan rata-rata yang mampu mencapai kriteria ketuntasan minimun yaitu 75. Dan 14 siswa atau 51% dikategorikan tidak tuntas. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Balige yang beralamat di Jln. Tarutung No 1 Kabupaten Toba Samosir. Objek penelitian ini adalah 1 kelas siswa kelas XI jurusan Teknik Produksi yang berjumlah 27 siswa. Subjek Penelitian ini adalah penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini bebebentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktifitas balajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Pada data awal/daftar kumpulan nilai formatif sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa nilai rata-rata kelas 70,93% dan jumlah persentase ketuntasan klasikal hanya mencapai 48,15 %. Pada tindakan siklus I dengan penerapan strategi Pembelajaran STAD diperoleh nilai rata-rata kelas 71,11 % dan persentase ketuntasan klasikal 59,25% dan nilai observasi aktivitas guru 83,92% dan Observasi aktivitas siswa 67,85%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari data awal baik dari segi rata-rata kelas maupun ketuntasan belajar. Pada tindakan siklus II dengan penerapan strategi Pembelajaran STAD diperoleh nilai rata-rata kelas semakin meningkat lagi yaitu 76,67 %.jumlah persentase ketuntasan klasikal juga semakin meningkat hingga mencapai 88.88% dan nilai Observasi aktivitas guru 94,64% nilai observasi siswa semakin meningkat juga hingga mencapai 89,28%.Dapat disimpulkan bahwa Dengan penerapan strategi Pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik permesinan bubut di kelas XI SMK N 1 Balige tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Robert196208281987031021
Call Number: 604.207 19 Sih u
Keywords: Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD); Prestasi Belajar Teknik Pemesinan Bubut.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1480 Agricultural machinery. Farm machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19315

Actions (login required)

View Item View Item