PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Harahap, Sarinanda (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
5111511012 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5111511012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5111511012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5111511012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5111511012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5111511012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5111511012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5111511012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5111511012 BAB I.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5111511012 BAB V.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5111511012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Mekanika Teknik pada kompetensi Dasar Menghitung Tegangan Pada Struktur di Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2014/2015 yang berjumlah 25 siswa. Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus I mempelajari tentang Lenturan pada balok, Diagram Tegangan, Titik Berat dan Tegangan Lentur pada Balok. Pada siklus II mempelajari tentang Distribusi Tegangan Geser, Momen Inersia, dan Tegangan Geser pada Balok.Data penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa, lembar observasi dan lembar kerja siswa (LKS). Hasil uji coba instrumen penelitian dari 20 soal pada siklus I terdapat 16 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 5 soal mudah, 11 soal sedang dan 4 soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 4 soal buruk, 6 soal cukup dan 10 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,79 (Tinggi). Pada siklus II dari 20 soal diperoleh 16 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 6 soal mudah, 9 soal sedang dan 5 soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 5 soal buruk, 4 soal cukup dan 11 soal baik, uji reliabilitas tes didapat 0,81 (sangat tinggi). Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata komulatif aktivitas dan hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 75 dan tuntas secara klasikal jika seluruh kelas ≥ 75% siswanya tuntas.Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan hasil nilai rata-rata 77 dan prosentase kelulusan yaitu 72% meningkat pada siklus II menjadi 89,60 dan Prosentase kelulusan yaitu 92%. Hasil belajar siswa terjadi peningkatan,pada siklus I dengan hasil nilai rata rata sebesar 72,75 dan prosentase kelulusan yaitu 72% meningkat pada siklus II menjadi 85,25 dan Prosentase kelulusan yaitu 92%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kompetensi Dasar Menghitung Tegangan Pada Struktur Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2014/2015. Selain itu dapat menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan karena siswa aktif dan belajar untuk menemukan sendiri makna dari pembelajarannya. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Team Accelerated Instruction (TAI), Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSebayang, Nono196012201989031005
Call Number: SK-2015 BAN 008
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Team Accelerated Instruction (TAI); Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19311

Actions (login required)

View Item View Item