ANALISIS PEMANFAATAN MODUL PEMBELAJARAN PENGETAHUAN KOSMETIKA KECANTIKAN DENGAN MENERAPKAN STRATEGI BELAJAR MANDIRI PADA SISWA KELAS X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 1 LUBUKPAKAM TAHUN AJARAN 2013/2014

Tarigan, Christine Ulina (2014) ANALISIS PEMANFAATAN MODUL PEMBELAJARAN PENGETAHUAN KOSMETIKA KECANTIKAN DENGAN MENERAPKAN STRATEGI BELAJAR MANDIRI PADA SISWA KELAS X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 1 LUBUKPAKAM TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
A. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
B. SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
C. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
D. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
I. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
H. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
J. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
O. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
N. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui efektivitas pemanfaatan modul pembelajaran Pengetahuan Kosmetika Kecantikan pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubukpakam; (2) Mengetahui pengaruh penerapan strategi belajar mandiri pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubukpakam. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R & D) dengan menerapkan strategi belajar mandiri. Populasi seluruh siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubukpakam yang terdiri dari 28 orang siswa. Sampel penelitian ditentukan secara acak sederhana. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket analisis kebutuhan, angket penilaian ahli materi dan disain, serta angket analisis respon siswa. Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi, satu ahli desain dan 28 siswa. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan kualitatif. Hasil penilaian modul pembelajaran oleh ahli materi pembelajaran yaitu 95,8%, ahli disain modul pembelajaran 94.4%, dan uji lapangan berada pada kriteria baik yaitu 87.79%. Setelah menggunakan modul pembelajaran, terjadi peningkatan hasil belajar yang dibuktikan dengan diatas 90% siswa telah memenuhi standar KKM yaitu ≥ 7,55. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk menggunakan modul pembelajaran pada pengetahuan kosmetika kecantikan dalam upaya meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAmpera, Dina-
Call Number: 646.720 719 Tar a
Keywords: Belajar Mandiri; Kosmetika Kecantikan; Modul Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TX Home economics > TX901 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19275

Actions (login required)

View Item View Item