UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DASAR TEKNIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Simamora, Vasco Ricardo (2014) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DASAR TEKNIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI VASCO R SIMAMORA.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK VASCO R SIAMAMORA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR VASCO R SIMAMORA.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI VASCO R SIMAMORA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR VASCO SIMAMORA.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL VASCO R SIMAMORA.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I VASCO R SIMAMORA.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB V VASCO R SIMAMORA.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA VASCO R SIMAMORA.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas X program keahlian Teknik Gambar Bangunan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah responden 33 orang.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pada siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar.Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan nilai rata-rata belajar peserta didik dari 33 peserta didik pada siklus I sebesar 72,33 meningkat menjadi 83,42 pada siklus II. peserta didik yang lulus pada siklus I sebanyak 25 orang (24,24%) sedangkan pada siklus II jumlah peserta didik yang lulus naik menjadi 31 orang atau 93,94%. sejalan dengan data tersebut peserta didik yang tidak lulus pada siklus I sebanyak 8 orang atau 24,24%, dan pada siklus II turun menjadi 2 orang atau 6,06%. pada siklus I Persentase Kompetensi Klasikal (PKK) belum tercapai karena hanya 75,76 %. sedangkan pada siklus II telah tercapai dimana Persentase Kompetensi Klasikal (PKK) sebesar 93,94% sehingga siklus selanjutnya tidak perlu dilanjutkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar dasar teknik kelas X program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2013/2014 pada kompetensi dasar menggambar sudut dan menggambar bidang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupuluh, Efendi19631127198731001
Call Number: 620.107 307 19 SIm p
Keywords: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19243

Actions (login required)

View Item View Item