PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI DASAR ANIMASI STOP-MOTION (BIDANG DATAR) SISWA KELAS XI JURUSAN MULTIMEDIA SMK NEGERI 10 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Kembaren, Edward Jan Putra (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI DASAR ANIMASI STOP-MOTION (BIDANG DATAR) SISWA KELAS XI JURUSAN MULTIMEDIA SMK NEGERI 10 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN, PERSETUJUAN, PENYESAHAN.pdf - Published Version

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR IS1.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar) yang diajar dengan menggunakan Macromedia Flash Professional 8 siswa kelas XI Jurusan Multimedia SMK Negeri 10 Medan tahun ajaran 2013/2014.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Jurusan Multimedia SMK Negeri 10 Medan tahun ajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Multimedia 1 yang berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik random, dimana yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas yang diajar dengan menggunakan Macromedia Flash Professional 8, yaitu kelas XI Multimedia 1 yang berjumlah 25 orang, sedangkan yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah kelas yang menggunakan media gambar, yaitu kelas XI Multimedia 2 yang berjumlah 21 orang.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes dan observasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah validitas tes, reliabilitas tes, tingkat kesukaran, daya pembeda, pengolahan data dan teknik analisis data. Penelitian ini dilakukan selama 2 kali pertemuan. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menguasai Dasar Animasi Stop-Motion (Bidang Datar) yang diajar dengan menggunakan Macromedia Flash Professional 8 memiliki nilai rata-rata 12,36 sedangkan yang diajar dengan menggunakan media gambar memiliki nilai rata-rata 11,58. Secara statistik dengan menggunakan uji-t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Macromedia Flash Professional 8 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran Menguasai Dasar Animasi Stop-Motion (Bidang Datar) dikelas XI SMK Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2013/2014, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 7,133 > 1,678.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor-, Subakti195910201999031002
Call Number: 621.390 719 Kem p
Keywords: Animasi Stop-Motion; Media Pembelajaran; Tollbar; Media Gambar; Materi Pelajaran
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19185

Actions (login required)

View Item View Item