PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELAKUKAN PERAWATAN PERSONAL COMPUTER (PC) PADA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA

Mukti, Andri (2014) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELAKUKAN PERAWATAN PERSONAL COMPUTER (PC) PADA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.1.SURAT PLAGIAT.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.3.LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.4.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.BAB I.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.BAB V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 40 orang di kelas X TKJ 1. Tindakan yang diberikan adalah pembelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) sebanyak dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar sebanyak 35 butir soal dan untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi. Data diperoleh dengan melakukan tes hasil belajar terhadap siswa setelah melaksanakan tindakan. Tes yang dilakukan adalah sebanyak 2 kali yaitu tes siklusi I dan tes siklus II.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dapat meningkatkan hasil belajar Melakukan Perawatan PC. Hal ini terlihat dari tes pra tindakan yang sebelumnya dilakukan yakni rata – rata 45,25 dan presentasenya 10% kemudian pada siklus I meningkat menjadi nilai rata-rata 58,825 dengan ketuntasan klasikal sebesar 30%. Karena Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I belum tuntas maka tindakan dilanjutkan ke siklus II dengan nilai rata-rata tes hasil belajar 76,3 dan ketuntasan klasikal sebesar 85%. Dari hasil observasi, pada siklus I performance guru dalam mengajar diperoleh nilai rata-rata 73,60 dan aktivitas kegiatan siswa selama mengikuti pelajaran diperoleh nilai rata-rata 80. Sedangkan pada siklus II ternyata terjadi peningkatan dimana performance guru dalam mengajar memperoleh nilai rata - rata 88,89 dan aktivitas kegiatan siswa selama mengikuti pelajaran memperoleh nilai rata – rata 94.Selain meningkatkan hasil belajar siswa, penggunaan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorButar-Butar, A. Hakim19600429.196801.1.002
Call Number: 621.390 719 Muk p
Keywords: Evaluasi Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran; PIK; Perawatan PC
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19159

Actions (login required)

View Item View Item