UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU BAHAN BANGUNAN DENGAN MENERAPKAN MODEL ARTIKULASI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK N 2 SIATAS BARITA TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Manullang, Prihenty (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU BAHAN BANGUNAN DENGAN MENERAPKAN MODEL ARTIKULASI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK N 2 SIATAS BARITA TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.COVER.pdf]
Preview
Text
1.COVER.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (906kB) | Preview
[thumbnail of 3.ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 4.KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 5.DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 6.DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 7.DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 8.BAB I.pdf]
Preview
Text
8.BAB I.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[thumbnail of 12.BAB V.pdf]
Preview
Text
12.BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 13.DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan pada siswa kelas X teknik konstruksi batu beton SMK N 2 Siatas Barita melalui model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2014 2015 dengan jumlah siswa 20 orang Dari hasil uji coba instrumen yang dilakukan pada siklus I diperoleh 13 soal yang valid dari 20 soal indeks kesukaran soal diperoleh dengan kategori soal sukar 6 kategori sedang 7 dan dalam katagori mudah 7 soal Daya beda soal diperoleh 5 soal baik5 soal cukup dan 10 soal jelek Uji reliabilitas 59 sedang dan pada siklus II diperoleh 9 soal yang valid dari 20 soal indeks kesukaran dengan katagori soal sukar 6 kategori sedang 6 dan dalam kategoi mudah 8 soal Daya beda soal diperoleh 3 soal baik 6 soal cukup, 11 soal jelek uji reliabilitas 0 70 tinggi Hasil belajar siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Artikulasi adalah mengalami peningkatan yaitu dari siklus I dengan rata rata 53 meningkat menjadi 85 pada siklus II dengan mengalami peningkatan sebesar 31 yaitu 10 tidak kompeten 30 cukup kompeten 45 kompeten 15 sangat kompetenPenelitian ini dilakukan dalam dua siklus pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan planning tindakan acting pengamatan observating dan refleksi reflecting Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 53 dan meningkat sebesar 31 menjadi 85 pada siklus IIHasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Arikulasi dapat meningkatkan hasil belajar ilmu bahan bngunan Jadi untuk meningkatkan hasil belajar ilmu bahan bangunan siswa di SMK N 2 Siatas Barita maka guru disarankan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Artikulasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 691 071 9 man u
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Ilmu bahan bangunan; MOdel pembelajaran kooperatif; Tipe artikulasi; Tindakan kelas
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TH Building construction
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 29 Sep 2016 08:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19139

Actions (login required)

View Item
View Item