PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDIO DI SMK NEGERI 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2013/2014

Bakara, Maniur (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDIO DI SMK NEGERI 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER ku.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pegesahaan.pdf - Published Version

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf - Published Version

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Hasil Belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika Antara Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dengan Siswa Yang Diajarkan Dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Audio Vidio di SMK NEGERI 1 Balige Tahun Ajaran 2013/2014Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental, yang mana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Audio Vidio di SMK NEGERI 1 Balige yang mengikuti kompetensi Memahami Pengukuran Komponen Elektronika yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil seluruh sampel atau secara total sampling, yaitu kelas eksperimen (kelas yang menerapkan Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS) adalah kelas X AV-1 yang berjumlah 30 siswa serta kelas X AV-2 menjadi kelas kontrol (kelas yang menerapkan Strategi Pembelajaran Ekspositori) yang berjumlah 30 siswa. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 60 siswa.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat pengaruh hasil belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika antara Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori, dimana hasil belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika untuk kelas yang menerapkan Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika untuk kelas yang menerapkan Strategi Pembelajaran Ekspositori. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 21,90 dan rata-rata pada kelas kelompok kontrol sebesar 20,17. Untuk menguji normalitas data digunakan Uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (&#945;) sebesar 0,05. Uji normalitas instrumen Memahami Pengukuran Komponen Elektronika dengan Strategi Pembelajaran TPS diperoleh Lhitung sebesar 0, 1295 dan Ltabel sebesar 0, 1771 karena Lhitung < Ltabel atau 0, 1295 < 0,1771, maka data instrumen pada kelas Eksperimen pada kategori Normal, uji normalitas instrument Memahami Pengukuran Komponen Elektronika dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori diperoleh Lhitung sebesar 0, 1094 dan Ltabel = 0,1771 karena Lhitung < Ltabel atau 0, 1094< 0,1771, maka data instrumen pada kelas Kontrol pada kategori Normal. Uji homogenitas instrument hasil belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika diperoleh Fhitung sebesar 1,21 dan Ftabel 1,86 karena Fhitung < Ftabel atau 1,21 < 1,86 maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian homogen. Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Teknik Audio Vidio di SMK NEGERI 1 Balige Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini terlihat dari nilai thitung = 2,22 yang lebih besar dari ttabel yaitu 2,2002

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilitonga, Marsangkap19601215.198601.1.001
Call Number: 621.381 330 719 Bak p
Keywords: Pengukuruan Komponen Elektronika; Strategi Pembelajaran; Thing Pair Share; Langkah-Langkah; Ekspositori
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19133

Actions (login required)

View Item View Item