PENGARUH PERSEPSI TENTANG SMK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA PEMDA LABUHAN BATU TAHUN AJARAN 2013 �

Siregar, Arifin (2014) PENGARUH PERSEPSI TENTANG SMK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA PEMDA LABUHAN BATU TAHUN AJARAN 2013 �. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 509321010 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 509321010 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 509321010 ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 509321010 PREFACE .pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 509321010 ABLE OF CONTENT .pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 509321010 TABLES .pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 509321010 ILLUSTRATION .pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 509321010 APPENDICES .pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 509321010 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 509321010 CHAPTER I .pdf - Published Version

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 509321010 CHAPTER V .pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh persepsi tentang SMK dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata diklat menggambar teknik kelas X. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta PEMDA Labuhan Batu Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Tahun Pelajaran 2013/2014.Dalam penelitian ini populasi dijadikan sampel karena jumlah populasi kurang dari 100 yaitu berjumlah 74 orang sehingga dikatakan penelitian populasi. Sampel diambil dengan metode random sampling dengan asumsi bahwa semua populasi adalah homogen. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk persepsi tentang SMK dan motivasi belajar sedangkan data hasil belajar melalui tes soal dan dokumentasi. Jumlah item pada angket persepsi tentang SMK sebanyak 35 pernyataan,terdapat 31 pernyataan dinyatakan valid dengan reabilitas 0,872 tergolong sangat tinggi. Sedangkan pada angket motivasi belajar sebanyak 35 pernyataan terdapat 32 pernyataan yang valid dengan rabilitas 0,812 tergolong sangat tinggi. Sementara itu untuk tes hasil belajar ada 45 butir tes dimana terdapat 41 butir tes valid dengan reabilitas 0,907 tergolong sangat tinggi.Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, analisis koefisien korelasi, uji linieritas dan uji keberartian. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data angket persepsi tentang SMK adalah berdistribusi normal Ltabel = 0,1029 > Lhitung = 0,0622 dan sebaran data angket motivasi belajar adalah berdistribusi normal Ltabel = 0,1029 > Lhitung = 0,0669 dan demikian juga dengan hasil belajar mata diklat Menggambar teknik memiliki distribusi yang normal dimana Ltabel = 0,1029 > Lhitung = 0,0973. Demikian juga dengan uji linieritas regresi menunjukkan hubungan variabel yang linier. Hal ini terlihat dari hubungan variabel persepsi tentang SMK terhadap hasil belajar Menggambar teknik menghasilkan Ftabel = 1,74 > Fhitung = 1,40 demikian pula untuk hubungan antara variabel motivasi belajar terhadap hasil belajar Menggambar teknik menghasilkan Ftabel = 1,753 > Fhitung = 0,911.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(a) persepsi tentang SMK memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana Ftabel = 3,976 > Fhitung = 10,82 (persamaannya ̂ = 34,31 + 0,45 X1). (b) motivasi belajar memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana Ftabel = 3,976 > Fhitung = 10,733 (persamaannya ̂ = 43,35 + 0,36X2 ). (c) persepsi tentang SMK dan motivasi belajar secara bersama – sama memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana Ftabel = 3,108 > Fhitung = 10,522 (persamaannya ̂ = 6,476 + 0,395X1 + 0,319X2)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDSelamat, Riadi19651004 199303 1 004
Call Number: 604.207 19 Sir p
Keywords: Motivasi belajar; Hasil belajar; Persepsi; Diklat; Gambar tehnik.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19129

Actions (login required)

View Item View Item