PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MENGHITUNG KONSTRUKSI SEDERHANA PADA SISWA KILAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK N 1 BALIGE

Nababan, Anju M (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MENGHITUNG KONSTRUKSI SEDERHANA PADA SISWA KILAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK N 1 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar menghitung konstruksi sederhana pada siswa kelas XI teknik konstruksi batu betonSMK N 1 Balige melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 20 orang. Dari hasil uji coba instrumen yang dilakukan pada siklus I diperoleh 10 soal yang valid dari 20 soal, indeks kesukaran soal diperoleh dengan kategori soal sukar 3, kategori sedang 9 dan dalam katagori mudah 8 soal. Daya beda soal diperoleh 5 soal baik, 4 soal cukup dan 11 soal jelek. Uji reliabilitas 0,60 (tinggi) dan pada siklus II diperoleh 9 soal yang valid dari 20 soal, indeks kesukaran dengan katagori soal sukar 3, kategori sedang 10 dan dalam kategori mudah 7 soal. Daya beda soal diperoleh 3 soal baik, 9 soal cukup, 8 soal jelek. uji reliabilitas 0,60 (tinggi). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa observasi keaktifan siswa dalam penelitian ini, ditemukan siklus I nilai rata-rata keaktifan belajar siswa yaitu 62% meningkat sebesar 22% menjadi 84% pada siklus II. Untuk rata-rata nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 54 dan meningkat sebesar 32 menjadi 86 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share dapat 1) meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses belajar mengajar, 2) meningkatkan hasil belajar menghitung konstruksi sederhana siswa. Jadi, untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar menghitung konstruksi sederhana siswa di SMK N 1 Balige, maka guru disarankan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIED-, Darwin19641231 199103 1 042
Call Number: 693.071 9 Nab p
Keywords: Hasil Belajar; Menghitung Konstruksi Sederhana; Pembelajaran Kooperatif; Think Pair And Share (TPS)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19120

Actions (login required)

View Item View Item