PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI I PERCUT SEI TUAN

Sari, Waras (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI I PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran Dasar-dasar Gambar Teknik pada kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di SMK Negeri I Percut Sei Tuan.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri I Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 24 orang dan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata diklat Dasar-dasar Gambar Teknik sub kompetensi teori Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik dengan model pembelajaran TPS. Dalam penelitian ini, ditemukan pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 63,88 % meningkat pada siklus II menjadi 85,28 %. Sedangkan nilai aktivitas siswa pada siklus I adalah 19,01 % kategori penilaian tidak aktif meningkat pada siklus II dengan rata-rata 70,20 % penilaian aktif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa dengan melakukan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan hasil belajar Dasar-dasar Gambar Teknik sub kompetensi teori Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik di kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri I Percut Sei Tuan. Selain itu dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Dasar-dasar Gambar Teknik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDMulyana, Rachmat19681012 199303 1 005
Call Number: 604.207 19 Sar
Keywords: Pembelajaran Kooperatif; Tipe TPS; Gambar Teknik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19119

Actions (login required)

View Item View Item