PERBEDAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PRIVIEW-QUESTION-READ-REFLECT-RECITE-REVIEW) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI KAYU PADA SISWA TINGKAT 1 PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BANGUNAN SMK NEGERI 2 RANTAU UTARA TAHUN

Zulhisani, - (2014) PERBEDAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PRIVIEW-QUESTION-READ-REFLECT-RECITE-REVIEW) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI KAYU PADA SISWA TINGKAT 1 PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BANGUNAN SMK NEGERI 2 RANTAU UTARA TAHUN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN dan PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara strategi pembelajaran PQ4R (Priview-Question-Read-Reflect-Recite-Review) dengan Strategi Pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar Konstruksi Kayu pada Siswa Tingkat I Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas semester genap Tahun Pembelajaran 2013/2014. Sampel penelitian diperoleh teknik sampel populasi yaitu dengan mengambil seluruh kelas sebagai sampel penelitian, maka sampel peneltian ini adalah kelas X program keahlian Konstruksi bangunan di SMK Negeri 2 Rantau Utara pada semester genap Tahun pembelajaran 2013/2014 yang terdiri dari KB¹ berjumlah 31 orang dan KB² berjumlah 31 orang sehingga jumlah keseluruhan sampel adalah 62 orang.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test obejektif. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (&#945;) sebesar 0,05. Pada pembelajaran siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran PQ4R (Priview-Question-Read-Reflect-Recite-Review) diperoleh L_Hitung (0,1169) < L_Tabel (0,1591) pada kategori normal dan pada pembelajaran siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Konvensional diperoleh L_Hitung (0,1159) < L_Tabel (0,1591) pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas dengan membandingkan varians kedua kelas sehingga diperoleh nilai F_Hitung 1,05 < F_Tabel 1,84 dan disimpulkan kedua kelas penelitian adalah homogen.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara Strategi Pembelajaran PQ4R (Priview-Question-Read-Reflect-Recite-Review) Dan Strategi Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Konstruksi Kayu Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Konstruksi Bangunan SMK Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan nilai t_Hitung 2,43 > t_(Tabel(0,975;60)) 2,00.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDSiagian, Sorgang195112031976031001
Call Number: 694.107 19 Zul p
Keywords: Hasil Belajar; Konstruksi Kayu; Strategi Pembelajaran; Pembelajaran PQ4R; Pembelajaran Konvensional
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19103

Actions (login required)

View Item View Item