PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN PADA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014.

Sirait, Boy Hot Jeges (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN PADA SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB V.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview

Abstract

Permasalahn dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar pada mata pelajaran statika dan tegangan pada siswa kelas X keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakn di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang berlokasi di Jalan Galang Lubuk Pakam. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X TGB SMK negeri 1 lubuk Pakam yang berjumlah 3 ( tiga ) kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Random Sampling. Dengan teknik tersebut maka diambil 2 kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas kelas TGB^1 dengan jumlah 36 orang dan kelas sebagai kelas TGB^3 dengan jumlah 36 orang. Dalam penentuan kelas penelitian dilakukan dengan cara undian. Setelah mengundi maka diperoleh kelas TGB^3 sebagai kelas eksperimen dan kelas TGB^1 sebagai kelas control. Setelah melakukan uji coba instrument dari 30 butir soal didapat perhitungan soal yang tidak valid 3 butir soal,daya beda 3 butir soal yang jelek, dan indeks kesukaran 1 butir soal yang sukar maka Instrument penelitian yang digunakan adalah tes pelajaran Statika dan Tegangan dalam bentuk objektif tes sebanyak 26 butir soal, Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensioanal. Hasil uji statistic menunjukan hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran ekspositori diperoleh rata-rata 21,50. Sedangkan hasil delajar siswa dengan strategi pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 19,14. Hasil pengajian hipotesis yang diperoleh dengan nilai t Hitung 3,80 > tTabel ¬ 1,69 . dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan kelompok siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori lebih tinggi dari hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan kelompok siswa yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X TGB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDSianipar, Juanda19540618 298503 1 001
Call Number: 607.207 19 Sir p
Keywords: Hasil Belajar; Ilmu Statika dan Tegangan; Pembelajaran Ekspositori; Konvensional
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19100

Actions (login required)

View Item View Item