HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG TEKNIK PENGELASAN DI SMK SWASTA LUBUK PAKAM

Hidayat, M. Arif (2014) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG TEKNIK PENGELASAN DI SMK SWASTA LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persepsi siswa terhadap kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa dalam bidang teknik pengelasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) persepsi siswa terhadap kompetensi guru; 2) prestasi belajar siswa dalam bidang teknik pengelasan; 3) hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa dalam bidang teknik pengelasan.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juni 2014. Lokasi penelitian di SMK Swasta Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan mesin produksi di SMK Swasta Lubuk Pakam sebanyak 85 siswa yang tersebar dalam 3 sekolah. Penentuan sampel pada penelitian ini digunakan table krejcie dan morgan dengan populasi n = 85 orang, maka sampel pada table adalah (n) = 70 orang dengan taraf signifkan 5 %. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket persepsi siswa terhadap kompetensi guru sedangkan data prestasi belajar melalui dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis dengan korelasi product momen dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, uji kecenderungan persepsi siswa terhadap kompetensi guru tergolong tinggi 92,85% dan prestasi belajar siswa dalam bidang teknik pengelasan tergolong cukup kompeten 50%. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa sebesar rhitung = 0,5652 > rtabel = 0,235 dan besar thitung = 5,64 > ttabel = 1,668 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa dalam bidang teknik pengelasan di SMK Swasta Lubuk Pakam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 621.977 071 9 Hid h
Keywords: Persepsi; Kompetensi Guru; Profesi Guru; Prestasi Belajar; Mesin Produksi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19091

Actions (login required)

View Item View Item