PENERAPAN MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INOVATIF-PROGRESIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1PERCUT SEI TUAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Siregar, Dody Harto (2014) PENERAPAN MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INOVATIF-PROGRESIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1PERCUT SEI TUAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 509311011 COVER.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 509311011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 509311011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 509311011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 509311011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 509311011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 509311011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ilmu bahan bangunan pada siswa kelas X program keahlian teknik konstruksi batu dan beton serta untuk mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran inovatif-progresif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 30 orang.Dari hasil uji coba instrumen yang dilakukan pada siklus I diperoleh 16 soal yang valid dari 20 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 1 soal mudah dan 15 soal sedang, daya beda soal 11 soal cukup, baik 5 soal, uji realibilitas diperoleh 0,682 (tinggi) dan pada siklus II 17 soal yang valid dari 20 soal, indeks kesukaran soal diperoleh 2 soal mudah dan 15 soal sedang, daya beda soal diperoleh 7 soal cukup, 10 soal baik, uji realibilitas diperoleh 0,463 (sedang).Penelitian dilakukan dalam dua siklus pada siklus I terdiri dari satu kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan tes hasil belajar.Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan pada siklus I terdapat 8 orang siswa yang tuntas kemudian meningkat pada siklus II menjadi 30 orang siswa yang tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inovatif-Progresifdapat 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar, 2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu bahan bangunan, 3) mendapat respon yang sangat positif dari siswa karena pembelajaran menjadi lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDMatondang, Zulkifli196807131993031003
Call Number: 691.907 19 Sir p
Keywords: Model Pengembangan; Perangkat Pembelajaran; Inovatif-Progresif; Hasil Belajar; Ilmu Bahan Bangunan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19086

Actions (login required)

View Item View Item