PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PEMELIHARAAN/ SERVIS SISTEM REM DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION DI SMK TI PANCA BUDI MEDAN

Maulana, Angga (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PEMELIHARAAN/ SERVIS SISTEM REM DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION DI SMK TI PANCA BUDI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
9. ANGGA MAULANA NIM. 5103122004 BAB I.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat Pemeliharaan/ servis sistem rem dan mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi kontruksi dan operasi rem. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK TI Panca Budi Medan sebanyak 30 orang. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi kontruksi dan operasi rem 2014/2015. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 19 siswa (63,3%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 11 siswa (36,7%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 71.2 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 63,3%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 26 siswa (86,7%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 4 siswa (13,3%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81.8 dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86,7%. Jika dibandingkan data dari siklus I dan siklus II maka diperoleh nilai rata-rata pada 19 siswa disiklus I bertambah sebanyak 7 siswa disiklus II menjadi 26 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar berkurang dari 11 siswa yang tidak tuntas disiklus I menjadi 4 siswa di siklus II.Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulakan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan pada materi kontruksi dan operasi rem.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 629.246 071 9 Man p
Keywords: Hasil Belajar; Sistem Rem; Pembelajaran Kooperatif; Kelebihan dan Kekurangan; Tipe Group Investigation
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19085

Actions (login required)

View Item View Item