taken adalah dalam gedung ABSTRACT mengetahui identified increase soal negeri subyek SMK drawing hypnoteaching science dibaha asahan refleksi question apakah pengamatan shaving place sedangkan diuji medan meningkatkan addressed siswi engineering mata year keahlian hasil kabupaten siklu ilmu while yang matter terdiri reflection learning district valid 2014 after penelitian studying dilihat skripsi based architecture identifying aim jumlah activity reflecting siswa program yaitu pembelajaran fakulta dilakukan improved dua currently ajaran determine second two each hasibuan expertise hypnosi doe concluded faculty mengajar peningkatkan stage bertujuan implementation outcome kisaran perencanaan wa diambil CAR sheet ABSTRAK action menjadi dan concentration metode method setiap seen setelah berlangsung masalah 2013 improvement improve being number test thesi sebanyak disiklu konsentrasi range tindakan result coba study observasi te universita teaching pada orang consist belajar dari aktivita berdasarkan people building student untuk research application planning academic kela many classroom observating data instrument diujikan bahwa teknik lembar dapat university penerapan tahapan enhancing PTK saat amount merupakan gambar tahun disimpulkan pelajaran cycle ini diketahui tested subject observation mengidentifikasi clas dengan conducted activitie yusniawati peningkatan problem bangunan II take diterapkannya mengidentfikasi acting first