PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR SISWA SMK N 2 TANJUNGBALAI T.P.2013/2014

Fiari, Harfad Akbar (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR SISWA SMK N 2 TANJUNGBALAI T.P.2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. Surat Pernyataan Plagiat.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. ABSTRAK and inggris.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. DAFTAR gambar.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. BAB 1.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan Model Pembelajaran Kontekstual Teaching Learning pada mata pelajaran Alat ukur kelas X Teknik Mesin di SMK Negeri 2 Tanjungbalai 2013/2014. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Peneliti dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi jalannya eksperimen, maka penelitian ini disebut True eksperimental design. Dan berdasarkan sampel penelitian yang menggunakkan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diberikan tes akhir maka penelitian posttest-only control design. Kelas eksperimen adalah kelas X Teknik permesinan 1 dengan jumlah siswa 27 siswa dan kelas kontrol adalah kelas X Teknik permesinan 2 dengan jumlah siswa 27 siswa. Keda kelas tersebut menjadi subjek dalam penelitian ini, sementara objek dalam penelitian ini adalah Pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dan Model Contekstual Teaching Learning serta Hasil belajar Alat ukur. Data penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar. Tes yang diberikan berbentuk isian sebanyak 5 butir soal. Sebelum dilakukan tes di 2 kelas penelitian ini, terlebih dahulu diberi perlakuan yang berbeda dimasing-masing kelas. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning sebesar 77,77 dan rata-rata hasil belajar menggunakan Model Pembelajaran Contekstual Teaching Learning sebesar 73,33. Dari daftar distribusi t diperoleh ttabel = 1,674 sementara dari perhitungan dengan rumus uji t diperoleh thitung = 3,06 maka Hipotesis Ha : μ1 > μ2 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Contekstual Teaching Learning pada mata pelajaran Alat ukur kelas X Teknik Mesin SMK Negeri 2 Tanjungbalai Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDTanjung, Husni WardiUNSPECIFIED
Call Number: 629.280 719 Fia p
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Pembelajaran Kontekstual; Materi Pengukuran; Mikrometer
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19073

Actions (login required)

View Item View Item