PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER UNTUK MATA KULIAH CNC PADA PROGRAM STUDI S1 SEMESTER IV TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Sehono, Sehono (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER UNTUK MATA KULIAH CNC PADA PROGRAM STUDI S1 SEMESTER IV TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Kofer Skripsi.pdf]
Preview
Text
1. Kofer Skripsi.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 2. Surat Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Surat Pengesahan.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 3. Surat Pernyataan.pdf]
Preview
Text
3. Surat Pernyataan.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 4. Abstrak.pdf]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 5. Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
5. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 6. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
6. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 7. Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
7. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 8. Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
8. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 10. Bab I.pdf]
Preview
Text
10. Bab I.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of 14. Bab V.pdf]
Preview
Text
14. Bab V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 15. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan : 1) merancang dan membuat media pembelajaran dengan menggunakan software Lectora yang digunakan pada matakuliah CNC Dasar TU-2A; 2) dapat menghasilkan produk dalam bentuk software pembelajaran Lectora pada matakuliah CNC Dasar TU-2A di Teknik Mesin Universitas Negeri Medan dalam bentuk software yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) yang diterpakan di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Medan yang dilakukan pada bulan Mei 2014. Adapun objek dalam penelitian ini yaitu pengembangan media pembelajaran dengan software Lectora pada matakuliah CNC Dasar TU-2A. Penelitian juga memerlukan penilaian dari ahli media pembelajaran, ahli materi pembelajaran dan juga mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian dan juga soal test dalam dua betuk yaitu pre-test dan post-test. Teknik analisi data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan uji coba penerapan media yaitu membandingkan hasil dari pre-test dan post-test. Media pembelajaran berbasis komputer dengan software Lectora dan di produk dalam sebuah CD (compact disc), kemudian tahapan rancangan pengembangan media yaitu: 1) menetapkan mata pelajaran yang akan dikembangkan medianya; 2) melakukan penelitian pendahuluan; 3) pembuatan desain software; 4) pengumpulan bahan; 5) mengembangkan bentuk produk; 6) validasi oleh ahli media dan ahli materi; 7) analisis; 8) revisi I/revisi produk awal; 9) evaluasi kelompok kecil; 10) analisis hasil kelompok kecil; 11) revisi II; 12) uji coba kelompok besar; 13) analisis hasl uji kelompok besar; 14) uji efektifitas/penerapan; dan 15) produk akhir. Media pembelajaran dinyatakan layak setelah melalui beberapa tahapan yaitu: 1) ahli media pembelajaran sebesar 90,625%; 2) ahli materi pembelajaran sebesar 84 %; 3) hasil uji kelompok kecil sebesar 94%; dan 4) uji kelompok besar sebesar 90%. Selanjutnya media pembelajaran dengan program software Lectora ini juga telah teruji kefektifannya untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa sebesar 75,6%. Untuk itu dari hasil pengujian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan program Lectora yang telah diterapkan layak untuk digunakan sebagai pendukung pembelajaran matakuliah CNC Dasar TU-2A dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar pada mahasiswa Teknik Mesin Universitas Negeri Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 621.381 590 711 Seh p
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Pengembangan; Media Pembelajaran; Komputer
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 16 Jul 2019 08:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19071

Actions (login required)

View Item
View Item