PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA YAHDI T.A 2013/2014

Nasution, Muhammad Ikbal (2014) PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA YAHDI T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 2. Surat Pernyataan Guru.pdf]
Preview
Text
2. Surat Pernyataan Guru.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 3. Surat Pernyataan Tidak Plagiat.pdf]
Preview
Text
3. Surat Pernyataan Tidak Plagiat.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 5. Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
5. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 6. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
6. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 7. Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
7. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 8. Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
8. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 10. BAB I.pdf]
Preview
Text
10. BAB I.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 14. BAB V.pdf]
Preview
Text
14. BAB V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 15. Dafta Pustaka.pdf]
Preview
Text
15. Dafta Pustaka.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Menggunakan alat ukur dianggap pelajaran yang membosankan dan menjenuhkan dalam proses pembelajaran, membuat banyak siswa yang belum memahami materi pelajaran dengan baik sehingga hasil belajarnya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan alat ukur pada kompetensi dasar menggunakan dan merawat alat ukur mekanik pokok bahasan penyetelan, pengukuran dan pemeliharaan jangka sorong dan micrometer melalui pemberian penguatan (Reinforcement) pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta YAHDI.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta YAHDI T.A 2013/2014 sebanyak 34 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi.Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 75,8 dan setelah dilakukan tindakan perbaikan pemberian penguatanpada siklus II diperolehrata-rata nilai hasil belajar siswa menjadi 85,2. Demikian halnya dengan ketuntasan belajar siswa siklus I sebanyak 25siswa (73,5%) dan setelah dilakukan tindakan siklus II sebanyak 29siswa (85,3%) yang telah tuntas, sedangkan 5siswa (14.7%) masih belum tuntas.Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 46,3 tergolong cukup Aktif, dan setelah dilakukan siklus II diperoleh rata-rata 63,2 tergolong aktif.Pengolahan pembelajaran yang dilakukan guru meningkat dengan rata-rata nilai akhir 3 (baik) pada siklus I, meningkat menjadi 3,87 (sangat baik) pada siklus II.Disimpulkan bahwa dengan pemberian penguaatan (reinforcement)dapat meningkatkan hasil belajar siswamenggunakan alat ukur dari hasil nilai semester rata-rata hasil belajar 65,9 kemudian dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar 75,8 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar 85,2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 629.280 719 Nas p
Keywords: Penguatan; Prinsip Penguatan; Komponen; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Kendaraan Ringan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 16 Jul 2019 07:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19039

Actions (login required)

View Item
View Item