UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMELIHARAAN/SERVIS SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TYPE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 SIPISPIS KABUPATEN SERDANG BEDAGAI T.

Butar Butar, Hendro (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMELIHARAAN/SERVIS SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TYPE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 SIPISPIS KABUPATEN SERDANG BEDAGAI T. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB I.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BAB V.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pemeliharaan/Servis Sistem Bahan Bakar Bensin melalui model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai, yang terdiri dari 25 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklus dilakukan dengan tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan nilai hasil belajar, nilai siswa meningkat di setiap tes. Nilai rata-rata pre test siswa di siklus pertama sebesar 47,2, sedangkan post test sebesar 69,6. Pada siklus ke dua nilai rata-rata pre test sebesar 52,2, dan nilai post test sebesar 81,6. Keaktifan belajar siswa juga terjadi peningkatan, Pada siklus pertama keaktifan siswa sebesar 63,96% . Pada siklus kedua terjadi peningkatan presentase keaktifan siswa yaitu sebesar 76,2%. IPKG 1 dilakukan pengamatan hanya satu kali saja, hanya pada siklus I yaitu 81,17 %, karena secara umum rencana pelaksanaan pembelajaran (IPKG 1) yang disusun oleh peneliti tidak jauh berbeda untuk setiap kali pertemuan.Sedangkan aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas (IPKG 2) dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 55,45 % sampai 85,45 %. Berdasarkan lembar observasi ditemukan bahwa proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan nilai belajar siswa dalam mata pelajaran Pemeliharaan/Servis Sistem Bahan Bakar Bensin Pada Kelas XI SMK Negeri 1 Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSitumorang, Benyamin195406151982011001
Call Number: 621.807 19 But u
Keywords: Hasil Belajar; Pemeliharaan/Servis; Sistem Bahan Bakar Bensin; Pembelajaran Berbasis Masalah; Hipotesis Tindakan
Subjects: T Technology > TP Chemical technology > TP315 Fuel
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19032

Actions (login required)

View Item View Item