PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR RIAS WAJAH DASAR PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN

Pratiwi, Mustika Nur (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR RIAS WAJAH DASAR PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 509344019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 509344019 COVER.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 509344019  LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 509344019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 509344019 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 509344019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 509344019 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 509344019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 509344019 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 509344019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 509344019 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 509344019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 509344019 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 509344019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 509344019 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 509344019 BAB I.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 509344019 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 509344019 BAB V.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 509344019 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 509344019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) untuk mengetahui hasil belajar rias wajah pagi hari sebelum diberi penerapan pada siswa kelas X di SMK Negeri 8 Medan, (2) untuk mengetahui hasil belajar rias wajah pagi hari yang diberi penerapan model pembelajaran picture and picture pada siswa SMK Negeri 8 Medan, (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar rias wajah pagi hari pada siswa SMK Negeri 8 Medan. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah pengaruh hasil belajar rias wajah pagi hari setelah menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siswa SMK Negeri 8 Medan. Metode yang digunakan eksperimen semu(quasi eksperimen). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 8 Medan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 30 orang. Sampel dalam penelitian ini merupakan sampel total. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar rias wajah pagi hari sebelum diberi penerapan model pembelajaran picture and picture (X) dan tes hasil belajar rias wajah pagi hari setelah diberi penerapan model pembelajaran picture and picture (Y).Uji coba tes hasil belajar rias wajah pagi hari sebelum diberi penerapan model pembelajaran picture and picture di SMK Negeri 10 Medan pada kelas X dengan jumlah responden 25 orang. Untuk menghitung validitas instrument penelitian diuji dengan rumus product moment untuk tes, dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikan 5%. Hasil uji coba tes rias wajah pagi hari sebelum diberi penerapan model pembelajaran rias wajah pagi hari (X) didapat 38 item valid dan 12 item tidak valid, sedangkan reliabilitas instrument penelitian ini diuji dengan rumus kudder rieharsen KR-20 yaitu sebesar 0,920. Hasil deskritif tingkat kecenderungan 30 siswa hasil belajar rias wajah pagi hari sebelum diberi penerapan model pembelajaran picture and picture (X) termasuk kategori cukup dan hasil belajar rias wajah pagi hari setelah diberi penerapan model pembelajaran picture and picture (Y) termasuk kategori tinggi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar rias wajah pagi hari setelah diberi penerapan model pembelajaran picture and picture pada siswa SMK Negeri 8 Medan. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis dengan derajat kebebasan (db) = n – 1 = 29 pada taraf signifikas 0,05 adalah > = 12,2 > 2,04 dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 646.726 071 9 Pra p
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Picture and Picture; Hasil Belajar; Rias Wajah Dasar; Bentuk Wajah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 15 Jul 2019 02:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19010

Actions (login required)

View Item
View Item