HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR TEORI MENJAHIT DENGAN MINAT MEMBUKA USAHA BUSANA DI SMK NEGERI 8 MEDAN

Rahayu, Sri (2014) HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR TEORI MENJAHIT DENGAN MINAT MEMBUKA USAHA BUSANA DI SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 071255410038 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 071255410038 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 071255410038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 071255410038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 071255410038 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 071255410038 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 071255410038 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 071255410038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 071255410038 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 071255410038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 071255410038 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 071255410038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 071255410038 BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 071255410038 BAB I.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 071255410038 BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 071255410038 BAB V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 071255410038 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM 071255410038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar teori menjahit dengan minat membuka usaha busana di SMK Negeri 8 Medan. Penelitian ini dilakukan terhadap seluruh siswa kelas II Busana 1 SMK Negeri 8 Medan yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Tes Prestasi Belajar digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar teori menjahit, sedangkan angket digunakan untuk mengumpulkan data minat membuka usaha busana. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa prestasi belajar teori menjahit siswa tergolong cukup dengan skor tertinggi 92 dan skor terendah 63 dengan rata-rata sebesar 72,6. Sedangkan minat membuka usaha busana siswa tergolong cukup dengan skor tertinggi 115 dan skor terendah 80 dengan rata-rata sebesar 96,73. Sebelum melakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis yaitu uji nornalitas dan uji linieritas. Uji normalitas data dilakukan dengan menggunakan rumus Chi kuadrat, kemudian dikonsultasikan pada &#61539;2tabel pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil uji normalitas data prestasi belajar teori menjahit (X) diperoleh &#61539;2hitung = 3,523 < &#61539;2tabel = 11,07. Sedangkan untuk data minat membuka usaha busana diperoleh &#61539;2hitung = 1,533 < &#61539;2tabel = 11,07 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data tersebut memiliki sebaran yang normal. Uji linieritas dan keberartian persamaan regresi sederhana pada signifikansi 5%. Dari uji linieritas, diperoleh Fhitung = 0,166 < Ftabel = 2,41. sehingga dinyatakan persamaan regresi adalah linier. Untuk keberartian regresi diperoleh Fhitung = 36,576 > Ftabel = 4,20. Maka dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi Y atas X adalah berarti. Dari hasil perhitungan korelasi diperoleh rhitung = 0,753 dan hasil pengujian hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel (6,048 > 2,03) sehingga hipotesis diterima yang berarti terdapat hubungan Prestasi Belajar Teori Menjahit dengan Minat Membuka Usaha Busana di SMK Negeri 8 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 646.407 19 Rah h
Keywords: Prestasi Belajar; Menjahit; Minat; Prestasi Belajar; Busana
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1501 Sewing machines
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 17 Jul 2019 02:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18996

Actions (login required)

View Item
View Item