PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK ELEKTRONIKA SISWA KELAS I PROGRAM KEAHLIAN AUDIO VIDEO SMK NEGERI LUBUK PAKAM

Purba, Pidelis S (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK ELEKTRONIKA SISWA KELAS I PROGRAM KEAHLIAN AUDIO VIDEO SMK NEGERI LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
cover.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Persetujuan.pdf - Published Version

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan disiplin belajar terhadap hasil belajar teknik elektronika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan yaitu analisis varians faktorial 2 x 2.Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri I Lubuk Pakam pada semester dua tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas 1 Program Keahlian Audio Video yang terbagi atas dua kelas. Secara acak kelas dibagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas 1 TAV1 menjadi kelas eksperimen yang diajar dengan strategi pembelajaran cooperative script dan kelas 1 TAV2 menjadi kelas kontrol yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar teknik elektronika yang diajar dengan strategi pembelajaran cooperative script dan memiliki disiplin belajar tinggi adalah berdistribusi normal dimana Ltabel = 0,173 > Lhitung = 0,072 dan data hasil belajar menguasai teori dasar elektronika yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori dan memiliki disiplin belajar rendah adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,173 > Lhitung = 0,055 dan data hasil belajar teknik elektronika yang memiliki disiplin belajar tinggi adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,173 > Lhitung = 0,125 dan data hasil belajar teknik elektronika yang memiliki disiplin belajar rendah adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,173 > Lhitung = 0,122 dan varians data adalah Homogen Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Strategi pembelajaran cooperative script dan strategi pembelajaran ekspositori memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 19,548 > Ftabel = 4,020) (b) Tinggi rendahnya disiplin belajar memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 18,77 > Ftabel = 4,020), (c) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar, dimana (Fhitung = -1,686 < Ftabel = 4,20). Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa strategi pembelajaran memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil belajar dari siswa, dimana telah dilakukan eksperimen bahwa strategi pembelajaran cooperative script memberi pengaruh yang lebih tinggi terhadap hasil belajar jika dibandingkan dengan strategi pembelajaran yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Jadi disarankan agar para guru menyesuaikan strategi pembelajaran dengan materi pelajaran yang sedang berlangsung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSinuhaji, PurnamawatyUNSPECIFIED
Call Number: 621.381 071 9 Pur p
Keywords: hasil belajar; strategi pembelajaran; disiplin belajar; kooperatif; karakteristik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18951

Actions (login required)

View Item View Item