PENGARUH PERSEPSI TENTANG SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, KEMAMPUAN PEMBELAJARAN, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI KABUPATEN LABUHANBATU

Paolorosi, Daniel (2015) PENGARUH PERSEPSI TENTANG SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, KEMAMPUAN PEMBELAJARAN, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI KABUPATEN LABUHANBATU. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
0- 8116132003-Cover.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1- 8116132003-Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2- 8116132003-Abstrak.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3- 8116132003-Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4- 8116132003-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5- 8116132003-Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6- 8116132003-Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7- 8116132003-Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8- 8116132003-Bab I.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12- 8116132003-Bab V.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13- 8116132003-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi tentang supervisi akademik kepala sekolah terhadap motivasi kerja; (2) pengaruh kemampuan pembelajaran terhadap motivasi kerja; (3) pengaruh persepsi tentang supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru; (4) pengaruh kemampuan pembelajaran terhadap kinerja guru; dan (5) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru. Subjek penelitian adalah guru SMA Negeri Kabupaten Labuhanbatu dengan jumlah sampel sebanyak 142 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportionate simple random sampling. Metode penelitian bersifat analisis jalur yang bertujuan untuk menguji teori dan memperoleh informasi tentang penelitian. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: (1) terdapat pengaruh langsung persepsi tentang supervisi akademik kepala sekolah dengan motivasi kerja dinyatakan dengan thitungρ31 > ttabel (2,158 > 1,645); (2) terdapat pengaruh langsung kemampuan pembelajaran dengan motivasi kerja dinyatakan dengan thitungρ32 > ttabel (2,237 > 1,645); (3) terdapat pengaruh langsung persepsi tentang supervisi akademik kepala sekolah dengan kinerja guru produktif dinyatakan dengan thitungρ41 > ttabel (1,968 > 1,645); (4) terdapat pengaruh langsung kemampuan pembelajaran dengan kinerja guru dinyatakan dengan thitungρ42 > ttabel (2,821 > 1,645); dan (5) terdapat pengaruh langsung motivasi kerja terhadap kinerja guru dinyatakan dengan thitungρ43 > ttabel (2,005 > 1,645). Hasil penelitian memberikan gambaran persepsi tentang supervisi akademik kepala sekolah, kemampuan pembelajaran, dan motivasi kerja mempengaruhi kinerja guru sebesar 16,6% dan sisanya ditentukan keadaan lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Sukarman196205231987031002
Thesis advisorRangkuti, Irsan196103231987031001
Call Number: 371.203 Pao p
Keywords: Kinerja guru; Motivasi kerja; Supervisi akademik; Kepala sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Apr 2016 04:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1894

Actions (login required)

View Item View Item